Rabu, 04 Maret 2009

Nutrisi Rambut Sehat








Kalau selama ini Anda begitu berharap sampo kesayangan Anda menjadi satu-satunya 'alat' andalan untuk memperoleh rambut sehat, tunggu dulu! Karena sampo yang baik saja tidak akan memberi hasil yang maksimal jika tidak ditunjang dengan asupan nutrisi yang tepat. Rambut sehat dan mengilap mencerminkan tubuh yang sehat pula. Maka, seperti yang dibutuhkan tubuh, rambutpun memerlukan asupan nutrisi yang seimbang agar senantiasa sehat!

Berikut daftar nutrisi yang patut Anda konsumsi :

Air
Kandungan air dalam rambut adalah 1/4 dari berat tiap helai rambut. Agar terjaga kelembapannya, pastikan Anda minum banyak air setiap hari (idealnya 7-8 gelas per hari). Perlu dicatat, minumlah sedikit sedikit namun secara terus menerus. Jangan tunggu sampai Anda merasa haus, karena sinyal ini datang tatkala tubuh sudah mulai kehilangan cairan dari jumlah ideal yang dibutuhkannya. Air tidak saja berfungsi untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi, namun juga dapat membuat rambut Anda lembut dan berkilau.



Protein
Protein dapat membuat helai rambut menjadi kuat, maka jenis makanan yang mengandung protein seperti ikan, daging, susu, keju atau telur amat disarankan. Konsumsi protein yang cukup juga akan membuat ujung rambut terhindar dari pecah-pecah/split ends.

Mineral

  • Zat besi akan membantu mengangkut oksigen ke rambut. Kurangnya zat besi akan mengakibatkan rambut dan folikelnya kekurangan oksigen, yang artinya akar rambut tidak dapat menyalurkan nutrisinya sampai ke helai rambut secara efektif. Tingkatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi daging merah dan sayuran berwarna hijau tua.

  • Zinc mampu membangun protein rambut yang berfungsi mencegah terjadinya kerontokan rambut. Kandungan Zinc paling kaya ada pada daging dan makanan laut.

  • Copper berperan memberi pigmen pada rambut. Opltimalkan warna alami rambut Anda dengan makan makanan yang mengandung Copper, yaitu shellfish, limpa, sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian dan daging.



Vitamins

  • Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala karena pada dasarnya vitamin ini amat baik untuk kesehatan kulit. Dapatkan vitamin A dari sayuran seperti wortel.

  • Vitamin B and C penting untuk memperlancar kerja sistem sirkulasi darah, pertumbuhan rambut dan warna rambut. Kadar vitamin B yang cukup dalam tubuh akan terlihat dari lembapnya rambut dan ujung rambut yang tidak pecah-pacah. Dapatkan kedua vitamin ini dari buah, sayuran, sereal, telur, susu dan roti.


Selain mengikuti panduan makan sehat di atas, lakukan juga olah raga agar sirkulasi darah senantiasa lancar serta tetap merawat rambut dengan produk perawatan yang tepat!

0 komentar on "Nutrisi Rambut Sehat"

Followers

 

Style & Healthy Copyright 2008 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Supported by Tadpole's Notez