Selasa, 10 Maret 2009

Menyiasati Penuaan Dini



Kebanyakan faktor eksternal penyebab timbulnya penuaan dini ditentukan oleh lingkungan dan gaya hidup yang dijalani setiap hari. Salah menjalankan gaya hidup akan dengan mudah membuat kulit tampak lebih tua dengan cepat. Maka dari itu, amat penting bagi kita untuk mengevaluasi apakah selama ini kita sudah menjalankan gaya hidup yang sehat atau malah sebaliknya?

Berikut 6 faktor utama penyebab munculnya penuaan dini:

1. Kebiasaan Merokok
Asap rokok dengan mudah akan merusak kulit, baik karena Anda yang merokok atau hanya sebagai perokok pasif (berada di sekeliling perokok). Riset membuktikan paparan asap rokok menyebabkan meningkatnya jumlah kerutan pada wajah sekaligus membuat kulit menjadi kering. Hal ini terjadi karena asap rokok menyerap kadar vitamin C pada tubuh yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

2. Paparan Sinar Matahari
Kulit yang tak terlindung sinar matahari akan mudah ternoda oleh vlek, kerutan dan menjadi kusam. Pastikan Anda mengoleskan krim tabir surya dengan SPF 15 atau lebih bahkan ketika udara mendung sekalipun. Awan tidak melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet.

3. Kurang Olahraga
Karena olahraga membantu pembentukan otot dan menyebabkan lancarnya sirkulasi darah, amat disarankan untuk melakukannya secara rutin jika Anda menginginkan kulit bebas kerut. Jika tubuh sehat, tentu Anda lebih bahagia dan sering tersenyum. Selain itu, tubuh yang kuat akan menampilkan sosok yang senantiasa muda!

4. Mengonsumsi Alkohol
Alkohol dapat memperbesar pembuluh darah kecil pada kulit Anda, menyebabkan peningkatan aliran darah dekat permukaan kulit. Apabila ini terjadi terus menerus, pembuluh darah ini akan rusak, mengakibatkan pecahnya pembuluh pada permukaan kulit.

5. Stress
Stress dan rasa khawatir yang berkepanjangan akan membuat otot wajah menjadi sedemikian rupa sehingga menunjukkan ekspresi murung. Melakukan meditasi, yoga, senam ringan dapat membantu mengurangi kadar stress Anda. Stress berkurang, timbul rasa lebih bahagia, ekspresi wajah tidak lagi murung dan kerutanpun tak cepat muncul.

6. Kurang Tidur
Kurangnya waktu tidur akan membuat tubuh mudah terasa lelah dan wajah Andapun terlihat lelah. Lingkaran hitam di sekitar mata, kantung mata belum lagi kulit yang kusam akan tampak. Riset membuktikan tubuh manusia akan menjalankan fungsinya secara optimal apabila cukup tidur di malam hari selama 7-8 jam. Kurangi asupan kafein di siang hari, dan tidak mengonsumsinya pada malam hari. Jangan makan lagi 2 jam menjelang tidur dan biasakan untuk tidur di jam yang sama setiap malam.

0 komentar on "Menyiasati Penuaan Dini"

Followers

 

Style & Healthy Copyright 2008 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Supported by Tadpole's Notez