Jumat, 13 Maret 2009

Mengatasi Gangguan Ketombe



Jika Anda melihat serbuk putih pada rambut Anda, bisa jadi itu ketombe. Ketombe (Pityriasis capitis) bisa disebabkan oleh tidak bersihnya kondisi kulit kepala karena sisa-sisa produk rambut yang masih tertinggal misalnya, atau disebabkan oleh jamur.

Ketombe yang disebabkan oleh jamur adalah yang tergolong cukup parah. Jika rasa gatal yang menyertainya cukup hebat, bisa mengarah ke eczema (penyakit kulit yang dapat menyebabkan kulit merah, kasar disertai bintil-bintil air yang terasa gatal). Jika sudah begitu, ketombe tidak hanya 'bercokol' pada kulit kepala, namun akan menyebar ke alis, dahi, telinga bahkan punggung.


Untuk itu, Anda bisa mencoba tips berikut untuk mengatasi ketombe serta menghentikan penyebarannya:


· Awali dengan langkah mudah yaitu menggunakan sampo anti ketombe secara teratur.

· Ketombe itu menyebar dan menular. Hindari meminjamkan sisir pada teman Anda agar mereka tidak tertular. begitu juga sebaliknya.

· Jaga barang-barang pribadi Anda agar senantiasa dalam keadaan bersih, seperti sisir, handuk dan sarung bantal.

· Jaga agar kulit kepala dan rambut tetap bersih. Cucilah rambut secara teratur dan lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan minyak kelapa hangat 2 X seminggu.

. Kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng, makanan instant, gula dan coklat dan perbanyak mengonsumsi nutrisi yang mengandung zinc.
· Pilihan terakhir, jika sudah tidak dapat ditolong dengan cara-cara diatas, hubungi dokter kulit Anda.

0 komentar on "Mengatasi Gangguan Ketombe"

Followers

 

Style & Healthy Copyright 2008 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Supported by Tadpole's Notez