Kamis, 05 Maret 2009

Merawat Kulit di Sekitar Mata



Paparan sinar matahari, udara dingin dan kering, alergi terhadap makanan, kurang tidur atau terlalu lama di depan layar komputer adalah faktor pemicu munculnya kondisi mata lelah dan tak bersinar. Kantung mata, lingkaran hitam sampai kerut-kerut di sekitar mata menjadi masalah yang harus dihadapi.

Perlu Anda ketahui bahwa kulit di seputar mata hanya memiliki kandungan minyak alami yang sangat sedikit, walaupun jenis kulit wajah Anda termasuk berminyak. Tidak heran daerah tersebut menjadi lebih sensitif dan mudah berkerut.

Lingkaran Hitam di Bawah Mata
Selain faktor genetik, dimana lingkaran hitam akan terlihat ketika seseorang makin berumur, lingkaran hitam juga disebabkan polusi asap dan debu yang mengenai kulit di sekitar mata. Pembuluh darah disekitarnya akan membesar, dan tubuhpun mengeluarkan zat kimia dan disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut untuk mengurangi dampak negatif dari polusi.

Kantung mata
Pada bagian dalam kulit di bawah mata terdapat lemak yang berlebihan sehingga terbentuklah kantung mata.

Kerut halus
Disebabkan karena dehidrasi kulit dan penuaan dini.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit di sekitar mata?

  • Pemijatan
    Lakukan pemijatan pada bagian kantung mata menggunakan jari tangan bagian tengah. Arahnya dari ujung dalam ke arah ujung pinggir mata.
  • Gunakan Krim Mata
    Kenakan krim mata yang mengandung asam glikolat untuk mencegah dan membantu mengatasi kerut mata dan lingkaran hitam. Ingat, gunakan hanya krim khusus untuk kulit mata. Jangan sembarangan menggunakan krim/pelembap untuk kulit wajah.
  • Menggunakan Es Batu
    Bila mata Anda letih karena terlalu lama di depan layar komputer, ambil sebongkah kecil es batu lalu usapkan pada sekeliling mata. Cara ini akan membuat peredaran darah kembali lancar sehingga mata menjadi segar.
  • Konsumsi vitamin
    Vitamin C dosis tinggi sangat baik untuk mata karena akan membantu pembentukan kolagen yang dapat mengurangi proses pigmentasi di sekeliling mata.

0 komentar on "Merawat Kulit di Sekitar Mata"

Followers

 

Style & Healthy Copyright 2008 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Supported by Tadpole's Notez